Liga Buku Bandung 2018

Aloha.
Dua hari yang lalu, tepatnya hari Minggu, 6 Mei 2018 kebetulan aku dan teman-teman pergi nih ke GOR Saparua. Bukan buat olahraga sih hehe, tapi buat kepoin Liga Buku Bandung 2018! Penasaran? Cekidot!

Banner Liga Buku Bandung 2018
Pameran buku dengan konsep hampir seperti Big Bad Wolf yang baru pertama kali hadir di Bandung ini diselenggarakan dari tanggal 30 April - 6 Mei 2018 di GOR Saparua, Jalan Wetan No.28, Bandung. Tempat ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam untuk memuaskan hasrat para pecinta buku dengan diskon 40-50% untuk buku best seller, dan 60-80% untuk buku non-best seller. Kisaran harga dari yang paling murah itu Rp 8.000,00 sampai Rp 150.000,00, lumayan banget kan?

Sayangnya aku baru kesampaian ke sana tuh tanggal 6 Mei, which is hari terakhir:(. Katanya sih dalam waktu 4 hari aja pengunjung Liga Buku ini udah mencapai 6000 pengunjung loh! Wow ya! Liga Buku Bandung ini juga nyelenggarain pameran buku 24 jam pada tanggal 5 Mei untuk mengisi malam minggu. Pas banget sih buat yang bawa pacar, bisa keliling-keliling sampai malam, pas ditanya kemana bilangnya ke pameran buku, jadi mama gak marah:). Buat yang jomblo juga jangan khawatir, banyak buku yang siap menemani kan haha:).
Sebelum masuk kita harus registrasi dulu di pintu masuk, mencatat nama dan nomor telepon, serta ada pengecekan barang bawaan dan penyegelan tas (untuk mengurangi kriminalitas mungkin ya). Mungkin karena hari terakhir ya dan datangnya agak sore gitu jadinya gak ngantri di pendaftarannya.

Penampakan Pintu Masuk
Ketika masuk kita langsung aja nih disambut sama tumpukan-tumpukan buku yang tentunya menggugah selera banget. Sebelum itu kita dikasih tas, semacam tas belanja gitu untuk membantu membawa buku yang ingin dibeli. Buku-bukunya sangat bervariasi, mulai dari buku tambahan pelajaran, novel, buku anak-anak, sampai buku mengenai keagamaan juga ada. Ruangannya juga ga sumpek walaupun banyak orang, aliran udaranya bagus, juga gak terlalu panas. Di pojok ruangan ternyata ada pentas, pas kita datang itu kebetulan ada yang bacain puisi (nggak terlalu merhatiin sih karena sibuk lihatin buku, hehe maaf ya) dan ada deklarasi literasi gitu, semacam penutupan lah istilahnya soalnya ada foto-foto bareng juga. Telat banget ya ternyata datangnya.

Suasana Liga Buku Bandung hari terakhir

Panggung yang ada di pojokan ruangan
Kalau untuk buku-buku yang aku lihat selama ada di sana sih kebanyakan buku cerita anak-anak. Mungkin ya tujuannya untuk meningkatkan literasi di Bandung mulai dari anak-anak kali ya. Tapi buku-buku itu bisa dibeli dengan harga yang murah banget loh, untuk buku cerita full color yang hard cover aja, ukuran sedang lah ya gak terlalu tebal juga tuh cuma 30ribuan. Murah sih daripada beli di toko buku kan, bagus lagi. Ada juga buku tentang berbagai keilmuan seperti programming, fotografi, dan sebagainya. Ada banyak buku keagamaan yang mayoritas Agama Islam juga. Tapi ya sayangnya buku-bukunya nggak terlalu update, kebanyakan  buku lama yang tersedia gitu. Kalau mau cari novel terbaru ataupun buku kiat-kiat SBMPTN (ya mana tau kan) kayaknya tempat ini kurang cocok soalnya memang minim banget yang terlihat (atau karena udah hari terakhir ya? kurang tau juga sih, tapi memang gak ada tanda-tanda keberadaannya gitu). Bisa aja sih ini karena baru pertama kali acara ini diadakan, dan masih kurang yang bekerjasama mengadakan pameran ini kan. Semoga kalau acara ini dilanjutkan kemudian hari bisa ditambah lagi koleksi buku-bukunya yang lebih update.


Overall, aku senang sih berada di antara tumpukan-tumpukan buku ini, tapi ya cukup kecewa juga karena nggak berhasil membidik apapun dalam pameran kali ini. Namun aku apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang menyelenggarakan pameran buku ini karena ini keren banget! Butuh nih lebih banyak acara-acara kayak gini untuk meningkatkan minat baca anak dan Liga Buku Bandung ini bisa jadi pelopor yang menurutku sangat keren. Semoga bisa lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang ya!

Buat teman-teman yang memang suka banget sama buku-buku, baik itu novel, ensiklopedia, biografi, sejarah, buku tips and trick, atau apapun itu bisa banget ngunjungin Liga Buku Bandung kalau diselenggarakan lagi, soalnya ini tuh memang nyaman tempatnya dan bukunya murah-murah. Aku saranin sih datang di hari-hari awal biar dapat bukunya lengkap dan datangnya pagi. Untuk informasi mana tau diadakan lagi bisa terus aja pantengin akun instagramnya di @ligabukubandung atau langsung di websitenya di sini. Nice event!

Btw teman-teman, toilet di area GOR Saparua ini menarik banget loh, dibuat kayak bentuk portable gitu, nih fotonya! Hihi, lucu kan? Ayo datang makanya:)
Toilet di GOR Saparua

Comments

Popular posts from this blog

Masuk SMA Taruna Nusantara tuh gimana sih, kak?

Review Novel : Pergi - Tere Liye

Pabrik MTI 2018